Friday, June 17, 2011

Mulai sekarang makanlah dengan pelan

Sebagian besar wanita atau juga pria menghabiskan waktunya dengan pola diet yang ketat dan cenderung salah. Padahal yang perlu dilakukan untuk tetap ramping berasal dari pikiran kita sendiri.

Sebuah penelitian yang dilakukan Harvard University menemukan kaitan antara fokus dengan makanan yang kita konsumsi dapat membantu mencapai bobot tubuh ideal. Dengan fokus saat makan, kita lebih mudah “mendengarkan” apa yang disampaikan tubuh saat telah kenyang. Sebanyak 42 responden pria dan wanita yang mengikuti saran peneliti bahkan telah mampu menghilangkan bobot tubuh mereka hingga rata-rata 1 kilogram.

Makan dengan fokus dan pelan juga telah membantu responden mengontrol lapar. Peneliti mengaku, sistem pencernaan ternyata melepas hormon yang menandakan apakah seseorang masih membutuhkan makanan atau telah kenyang. Ini berarti saat seseorang makan terlalu cepat, maka dia dijamin akan terlalu banyak makan.

Perlu diketahui juga bahwa makan sambil melakukan hal yang lain juga mudah membuat kita gemuk, misalnya sambil menonton televisi maupun bermain game di komputer. Sebab, kegiatan sambil makan dapat menghentikan “pendengaran” kita saat tubuh telah kenyang –yang membuat kita semakin memburu camilan di sore hari.

No comments:

Post a Comment